Kasus Erabaru bergulir sejak 2007 silam, saat intervensi Kedubes China melalui suratnya ke lembaga negara di Indonesia, yang menggagalkan pengajuan perijinan. Jalur hukum diambil kasasi di Mahkamah Agung hingga saat ini. Untuk mengetahui kasus ini sejak awal (2007). Sementara itu Gugatan Ijin Siaran Radio (ISR) terhadap Dirjen Postel di Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta, dimenangkan pihak Radio Erabaru, pada Oktober 2010 lalu. Silahkan baca di Menu Kategori: KASUS HUKUM (di atas)

April 29, 2011

Terungkap Surat KPID Kepri Meminta Radio Erabaru Segera Bersiaran

(Sidang lanjutan kriminalisasi Radio Erabaru di Pengadilan Negeri Batam)

Sekupang - Sidang lanjutan kriminalisasi Radio Erabaru di Pengadilan Negeri Batam pada Kamis (28/4) masih beragendakan pemeriksaan saksi-saksi dari Jaksa Penuntut Umum (JPU). Pada sidang ke 8 ini menghadirkan saksi
dari Komisi Penyiaran Daerah Kepri, yakni Desliana Dwita selaku anggota. Sementara itu ketua KPID Kepri, Parlindungan Sihombing yang juga dipanggil sebagai saksi, tidak hadir.

Pada sidang yang dimulai sekira pukul 14.00 wib ini, lebih mengungkapkan pada masalah prosedur administratif permohonan Ijin Penyelenggaraan Penyiaran (IPP). Desliana dalam kesaksiannya menyatakan Radio Erabaru sendiri telah mengikuti prosedur permohonan IPP sejak KPID Kepri terbentuk. Lalu KPID Kepri memberikan sertifikat rekomendasi kelayakan untuk Radio Erabaru di frekuensi 106,5 MHz pada April 2006, dan juga surat konfirmasi kepastian penyelenggaraan siaran (running) pada Juni 2006. Hingga diproses di Forum Rapat Bersama (FRB) di tingkat pusat. Surat running tersebut terungkap saat JPU menunjukkan ke Ketua majelis hakim, Haswandi dan penasehat hukum Radio Erabaru.

Seperti telah diberitakan bahwa, saat permohonan IPP Radio Erabaru sedang berproses, setahun kemudian muncul surat intervensi Kedubes China yang mendesak pemerintah RI menutup Radio Erabaru. Buntutnya 6 bulan kemudian permohonan IPP tersebut digagalkan. Berita acara FRB pun tidak diterima oleh pihak Radio Erabaru.

Desliana yang mengaku turut dalam FRB menyebutkan alasan bahwa Radio Erabaru format tidak sesuai dengan permohonan awal, dengan penggunaan bahasa asing yang lebih banyak. Padahal waktu itu pihak Radio Erabaru telah menyesuaikan penggunaan bahasa asing tersebut. Dirut Radio Erabaru, Gatot yang didakwa, meluruskan bahwa saat itu dalam peraturan pedoman siaran tidak diatur secara jelas prosentase penggunaan bahasa pengantar. Baru beberapa waktu kemudian menjelang FRB, peraturan soal penggunaan bahasa pengantar itu baru dicantumkan.

Gatot menambahkan kalau benar persoalan hanya penggunaan bahasa semestinya mudah dilakukan penggantian. Radio Erabaru pun kemudian menyesuaikan bahasa pengantarnya sesuai yang dimaksud. Namun ia berpendapat bahwa akar masalahnya adalah surat intervensi Kedubes China. Jika tidak ada surat intervensi itu maka Radio Erabaru tidak akan dipermasalahkan seperti saat ini.

“Jika memang permasalahan bahasa, itu sangat mudah dilakukan perubahan, kita tinggal menggantinya saja. Esensi persoalannya sebenarnya ya gara-gara surat intervensi kedubes China itu,” ujarnya saat sidang.

Semestinya sangat tidak masuk akal jika permasalahan bahasa pengantar menjadikan Radio Erabaru dikalahkan, mengingat dalam segi kesiapan seperti manajemen, peralatan, sumber daya manusia, infrastruktur dan lain-lain, Radio Erabaru lebih memadai daripada radio lainnya.

Jika ditelusuri sejak keluarnya surat intervensi kedubes China itu muncul, memang setelahnya KPID Kepri baru mempertanyakan siaran Radio Erabaru. Meminta rekaman siaran dan tidak menyampaikan permasalahan program siaran yang kemungkinan menjadi keberatan pihak Kedubes China, yakni siaran tentang pelanggaran HAM berat yang terjadi di daratan China.

Sidang dilanjutkan pada Senin (2/5) masih beragendakan pemeriksaan saksi-saksi dari JPU. (rah)

... baca selengkapnya »»

April 28, 2011

Promo Menu Campuran Asia

Jodoh – The Square Restaurant Novotel Hotel Batam selama Mei 2011 kembali menghadirkan menu-menu campuran Asia untuk bisa dinikmati bersama keluarga, orang terdekat dan rekan kerja anda. Racikan menu-menu dari Chef Square Restaurant menghadirkan menu andalan asli Indonesia yakni gurame terbang, Steam Fish serta masakan Thailand Chicken Curry.


“Promo ini merupakan campuran menu Asia yang khas disajikan dengan cita rasa asli dari masakan,” jelas Ass Director Of Sales Novotel Hotel Batam, Didit Iskandar, kepada Era Baru FM, Kamis (28/4).

Ditambahkannya selain menyediakan menu makan siang dengan Asia Cuisene, selama bulan Mei juga bisa menggelar pertemuan bisnis di Mosaic Lounge yang menawarkan menu mocktail jasmine cooler yang merupakan perpaduan dari rasa lychee, rasa segar dari pineapple dan orange juice yang diberi rasa manis dari grenadine dan aroma jasmine tea.

Sedangkan untuk promo cocktail di bulan Mei adalah Blue Sky yang merupakan perpaduan antara curacao yang diberi rasa manis dari Pineapple Juice dan rasa segar dari lime juiceyang diperkuat rasa dengan coconot milk sprite.

Sedangkan untuk makan malam, tersedia Steak yang bisa dinikmati mulai Senin hingga kamis atau di pasar malam Novotel setiap Jumat serta BBQ di hari Sabtu. Selain itu fasilitas yang bisa dinikmati adalah tempat kebugaran Fitness Center dengan menjadi member satu bulan hanya membayar Rp 150 rupiah per orang.

Dengan peralatan yang cukup beragam, ruang fitness yang luas dengan fasilitas lengkap mulai dari jacuzzi, whirpool, sauna dan indoor swimming pool yang didukung dengan instruktur berpengalamaan. Untuk informasi lebih lengkap bisa datang langsung ke Novotel Hotel Batam atau menghubungi 0778 – 425555. (ar/as)

... baca selengkapnya »»

Bonus Renovasi dan IPad Selama Pameran

Batam Center – Pembelian rumah dari Total Graha Insani sebagai pengembang 3 jenis perumahan Cluster Pesona Boulevard, Odessa Grande, Mediterania di kawasan Batam Center, selama pameran akan diberikan IPad dan bonus renovasi dapur yang siap dipakai serta mini bar dengan dua unit tempat duduk.


“Pembelian salah satu unit rumah selama pameran akan mendapatkan promo dan beberapa produk elektronik,” jelas perwakilan pemasaran perumahan Cluster Pesona Boulevard, Selvy, kepada Era Baru FM, Kamis (28/4).

Ditambahkannya, bonus gratis renovasi dapur khusus untuk pembelian perumahan Odessa Garande type 28, yang digabung menjadi type 36 yang hanya tersisa 4 unit. Sedangkan untuk ruko Mediterania type 85 yang tersedia 17 Unit, dengan lokasi strategis menghadap jalan utama di kawasan Botania Batam Center. Selama pembelian di pameran, akan mendapat potongan harga dari Rp 380 juta menjadi Rp 350 juta.

Selain itu selama pameran yang digelar dari 27 April hingga 8 Mei 2011 di DC Mall, Batam, untuk Mediterania Extention type 45 Copple memiliki luas tanah yang cukup lebar akan mendapatkan satu unit AC untuk pembelian Cash maupun kredit.

Sedangkan perumahan type 48 kini tersedia sebanyak 7 unit, type 54 1 unit dan type 108 sebanyak 6 unit, sedangkan type 128 sebanyak 2 unit. Untuk setiap pembelian perumahan dari total Graha Insani sudah termasuk hak guna bangunan (HGB), Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB, pajak penjualan dan belum termasuk Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Bagi anda yang berminat bisa datang selama pameran atau bisa menghubungi telpon 0778 – 7002676 atau 081364675391. (ar/as)

... baca selengkapnya »»

April 27, 2011

Sediakan Berbagai Jenis Mobil Import

Batam Centre – Nusa Jaya Mobilindo mungkin bisa menjadi alternatif pilihan masyarakat Batam untuk memiliki mobil import seperti Toyota, Chevrolet, Mitsubishi Pajero, Mercy E250 Cabriolet, Nissan, Honda dan Mazda. “Kita menyediakan berbagai jenis dan merek mobil Import,” jelas pemilik Nusa Jaya Mobilindo, Acun, kepada Era Baru FM, Rabu (27/2).


Menurut dia, untuk pembelian mobil di Showroom miliknya secara cash dan kredit akan diberikan dengan proses cepat dan mudah. Sedangkan untuk fasilitas kepemilikan mobil secara kredit, pihaknya menggandeng BPR yang ada di Batam yakni BPR Kintamani, Barelang Mandiri dan BPR Sejahtera.

Bagi pelanggan yang ingin mendapatkan mobil dengan cara kredit, akan diberikan potongan DP sebesar 20 persen untuk setiap jenis kenderaan. Serta suku bunga yang bervariasi mulai dari 7 persen tergantung dari jangka waktu pembayaran.



Showroom yang terletak di Komplek Ruko Raflesia Blok D 8-9 Batam Center ini, juga menyediakan fasilitas tukar tambah mobil seken dengan mobil baru. Bagi anda yang menginginkan informasi lebih lengkap bisa datang ke Showroom Nusa Jaya Mobilindo atau bisa menghubungi 0778 – 472778. (ar/as)

... baca selengkapnya »»

April 26, 2011

Kita Yakin Usaha Berhasil

Batam Centre – Pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SLTP sederajat, Selasa (26/4) berlangsung lancar tanpa hambatan. Ujian dijadwalkan berlangsung selama empat hari mulai 25-28 April 2011. Meskipun UN makin diperketat, Kepala sekolah SMP Yos Sudarso Ana Maria optimis 265 siswa-siswinya bisa mengikuti UN dengan baik .

“Kita telah berusaha memberikan pemantapan, kita yakin semua usaha berhasil,” jelasnya kepada Era Baru FM.


Menurut dia, pelaksanaan ujian nasional pada tahun ini memberikan kontribusi buat sekolah untuk menentukan kelulusan. Sebelumnya hanya berdasarkan hasil UN, sedangkan untuk tahun ini nilai ujian sekolah dan raport turut membantu tingkat kelulusan.

“ Nilai ujian sekolah dan raport 40 persen sedangkan UN 60 persen,” jelasnya.

Untuk pelaksanaan tahun lalu terdapat hanya dua jenis peket, yakni paket A dan B dan paket susulan. Untuk tahun ini pelaksanaan ujian nasional terdiri dari 5 paket utama, paket cadangan dan paket susulan.

Ana berharap dengan adanya perbedaan sistem pelaksanaan Ujian Nasional di tingkat SMP tidak mengganggu jalannya ujian nasional terutama bagi murid sekolah Yos Sudarso.

Selain itu untuk prestasi yang pernah diraih oleh siswa-siswa tingkat SMP Yos Sudarso, sudah tidak terhitung lagi seperti kategori lomba mengarang bebas tingkat SMP se Batam dan Provinsi Kepri. Sedangkan prestasi di bidang olah raga, juga banyak di gemari oleh siswa-siswanya dengan memenangkan pertandingan di berbagai bidang olah raga. (ar/as)

... baca selengkapnya »»

Pemko Batam Panggil Pengusaha Gelper

Batam Centre – Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Pariwisata bersama Karo Bina Mitra Polresta Barelang, memanggil seluruh pelaku usaha kepariwisataan di Batam seperti gelanggang permainan ketangkasan (Gelper) dan panti pijat. Pemanggilan 45 pengusaha jasa pariwisata itu untuk menegaskan kembali peraturan dan ketentuan bagi pelaku usaha jasa pariwisata.
Perjanjian tersebut yakni dengan menandatangani pernyataan mematuhi ketentuan jam buka tutup tempat usaha.

“Semua pelaku usaha kita panggil untuk menegaskan kembali usaha pariwisata, setelah menantatangani penyataan mereka bisa buka beroperasi kembali,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kota Batam, Yusfa Hendri, Selasa (27/4).

Melalui kesempatan ini, Pemko Batam juga menghimbau seluruh pelaku usaha kepariwisataan yang ada di Batam, untuk mematuhi ketentuan yang telah diberikan. Pihaknya juga menegaskan akan menindak tegas dengan mencabut izin usaha bagi pelaku usaha pariwisata yang tidak mematuhi perjanjian.

Menurut Yusfa, pihaknnya juga tidak menginginkan masyarakat untuk bertindak sendiri menutup gelandang permainan (Gelper) yang diduga mengandung unsur perjudian. Ditambahkannya, untuk jam buka dan tutup usaha kepariwisataan yang ditetapkan oleh Pemko Batam adalah buka pada jam 10.00 – 00.00 WIB kecuali Jumat ada istirahat jam 11.30 - 13.30 WIB.

Sejauh ini, seluruh pengusaha tersebut masih kooperatif dengan peraturan yang ditetapkan oleh Pemko Batam. Untuk mempermudah pengawasan internal, Pemko Batam mendorong pelaku usaha untuk bergabung dalam asosiasi pengusaha jasa hiburan. (ar/as)

... baca selengkapnya »»

April 25, 2011

Fasilitasi Generasi Muda Bermain Musik

Batam Center – Purwacaraka Musik Studio yang baru membuka cabang di Batam, siap memfasilitasi generasi muda Batam untuk mendalami dasar-dasar bermain musik (Basic Major Instrument) seperti pelatihan piano, keyboard, dram, biola, gitar elektrik dan klasik, bass hingga pelatihan vokal.

“Outlet Purwacaraka siap memfasilitasi generasi muda Batam untuk melahirkan generasi muda bermain musik,”
ujar Purwacaraka kepada Erabaru FM, Senin (25/4), saat peresmian outlet miliknya.

Menurut dia, outlet yang berada di ruko Orchard Suite merupakan cabang ke 80 yang merupakan niat tulus untuk menghadirkan kursus musik, terutama dasar-dasar dalam bermain musik di segala usia.

Ditambahkannya, Purwacaraka Music Studio selalu mengajarkan musik tanpa menghilangkan keceriaan agar suasana bermain musik tidak membosankan. Bahkan untuk tenaga pengajar yang dihadirkan, selalu dalam pengawasan dan rekomendasi dari Purwacaraka.

Dijelaskannya, outlet Purwacaraka yang telah berkembang sejak tahun 1988 berawal di Bandung dan terus berkembang hingga saat ini. Banyak prestasi yang telah diraih siswa yang menimba ilmu di tempat kursus purwacaraka. Hingga saat ini prestasi yang diraih tersebut, masih tetap eksis di tingkat nasional bahkan sampai ke mancanegara.

Bagi yang berminat mengikuti kursus musik di Purwacaraka Musik Studio bisa mendaftarkan langsung di Komplek Ruko Orchard Suite Blok B No 1-2 Batam Centre atau bisa menghubungi No Telpon 0778 – 472689. Untuk biaya pendaftaran dari tanggal 25 April- 21 Mei 2011 mendapatkan potongan biaya pendaftaran sebesar 50 persen. (ar/as)

... baca selengkapnya »»

Warga Hainan Rayakan Hari Jadi Dewi Mazhu

Baloi – Ratusan warga Hainan yang berada di Batam, mengikuti perayaan hari jadi “Dewi Welas Asih Mazhu Macopo” yang dipusatkan di Yayasan Hainan Batam, Senin (25/4). Tradisi turun temurun tersebut bertujuan untuk mendoakan seluruh warga Hainan agar selalu diberikan keselamatan, kemakmuran, keberkahan di tahun mendatang.


“Peringatan Dewi Mazhu merupakan tradisi budaya warga Hainan yang harus di lestarikan,” ucap Ketua Umum Yayasan Hainan Batam, K Tije Hang, kepada Erabaru FM.

Menurut dia, sejak dibentuknya yayasan Hainan Batam pada 2007 lalu, saat ini sudah 4 kali di laksanakan perayaan tersebut, sedangkan di tahun ke 4 ini dilaksanakan cukup besar dan ramai. Perayaan tersebut tidak sebatas bagi warga Hainan, tetapi bagi warga lain seperti Hokkian, Tiew Chu atau yang lainnya juga bisa ikut bergabung.

Ditambahkannya, Dewi Macopo merupakan nenek moyang warga Hainan yang berada di kawasan pesisir pantai di pulau Hainan, China. Sejarah ini memiliki emosional yang cukup kuat dengan Dewi Macopo, hal tersebut dibuktikan dengan sampai saat ini budaya tersebut masih di lestarikan.

Selain itu, Dewi macopo dari sejak lahir sampai usia 40 tahun, tingkah lakunya tanpa menangis dan tertawa, hingga Dewi tersebut disembah dapat memberi petunjuk keselamatan pada masyarakat terutama di pesisir laut di setiap tanggal 23 penanggalan kalender China.

Tidak hanya itu, Yayasan yang sudah beranggotakan 300 kepala keluarga di Batam, yang terdiri dari berbagai latar belakang kalangan juga aktif dalam kegiatan sosial terutama untuk anggotanya, seperti kegiatan melayat saat kematian khusus anggotanya, memberikan dukungan moral dan lainnya. (ar/as)

... baca selengkapnya »»

Kondisi Jasa Penyiaran Amburadul

(Sidang Kriminalisasi Dirut Radio Erabaru)

Sekupang - "Ternyata peraturan jasa penyiaran kita amburadul," komentar Haswandi, hakim yang memimpin sidang kasus kriminalisasi Radio Erabaru, Senin (25/4) di Pengadilan Negeri Batam, Sekupang. Menurutnya dalam praktik lapangan masih terjadi diskriminasi
yang dilakukan oleh pemegang kewenangan. Salah satunya yang menjadi korban adalah Radio Erabaru.

Sidang lanjutan Radio Erabaru untuk ketujuh kalinya, masih beragendakan kesaksian saksi-saksi yang dihadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). Hadir sebagai saksi adalah Suhirman, Direktur Radio Erabaru dan Bambang Pamungkas, Manager Operasional Radio Sing. Dalam sidang terungkap tentang carut marut alokasi frekuensi 106,5 MHz.

Radio Erabaru sejak pengajuan permohonan frekuensi telah mengajukan frekuensi 106,5 MHz, dan telah mendapatkan permintaan siaran melalui surat resmi dan rekomendasi kelayakan di frekuensi tersebut oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kepri. Meski saat ini statusnya sedang berkasus di ranah hukum, berkaitan dengan gugatan Ijin Stasiun Radio (ISR) yang diajukan Radio Erabaru. Sementara Radio Sing yang mengajukan frekuensi di 105,5 MHz dialokasikan ISR di frekuensi 106,5 MHz. Hakim juga mempertanyakan latar belakang Radio Sing tetap bersiaran di 105,5 MHz.

Sidang yang digelar sebagai kelanjutan dari pembredelan dan perampasan exciter milik Radio Earabaru oleh Balai Monitoring Batam pada 24 Maret 2010 lalu ini, mendakwakan Direktur Utama Radio Erabaru atas tuduhan pelanggaran penggunaan frekuensi dengan ancaman 6 tahun penjara.

Upaya penutupan dan pembredelan Radio Erabaru telah dilakukan sejak 2007 silam. Berawal ketika pihak Kedutaan Besar China di Jakarta mengajukan keberatan dan mengirimkan surat ke lembaga Negara di Indonesia. Surat tersebut berisikan desakan untuk menutup siaran Radio Erabaru di Batam. Pasalnya mereka tidak mau berita-berita mengenai peristiwa pelanggaran atas Hak Asasi Manusia (HAM) yang terjadi di China, disiarkan oleh Radio Erabaru yang bersegmenkan komunitas mandarin ini.

Berita-berita tersebut diantaranya adalah praktik transplantasi organ tubuh illegal yang diambil paksa dari praktisi Falun Dafa di China, untuk komoditas. Penindasan dan praktik-praktik penganiayaan keji yang menimpa para praktisi Falun Dafa di daratan China. Genosida terhadap muslim Uighur di China, diskriminasi terhadap masyarakat Tibet yang berkepanjangan, produk-produk palsu yang berbahaya, susu melamin dan lain-lain. Fakta-fakta pelanggaran HAM ini disiarkan Radio Erabaru yang memang mempunyai misi diantaranya menyuarakan kemanusiaan dan kebenaran.

Untuk diketahui bahwa persidangan telah digelar pertama kalinya pada Senin, 21 Maret 2011 yang lalu. Pihak Jaksa Penuntut Umum diwakili oleh Rizky Rahmatullah sedangkan Radio Erabaru didampingi Penasehat hukumnya dari Kantor Advokat Ampuan Situmeang. Sidang yang digelar setiap minggunya ini dipimpin oleh Ketua Mejelis Hakim, Haswandi SH. MHum. Sidang akan dilanjutkan pada Kamis (28/4) mendatang.(rah)

... baca selengkapnya »»

April 21, 2011

Intervensi PKC Berbuah Sidang Kriminalisasi Ancaman Penjara

(Info Kasus Erabaru di Sidang Pengadilan Negeri Batam)

Sekupang - Pada hari ini, Kamis (21/4) digelar sidang lanjutan kriminalisasi Dirut Radio Erabaru dengan agenda pemeriksaan saksi-saksi. Sidang ini merupakan sidang keenam sejak sidang digelar pertama kalinya pada Senin, 21 Maret
2011 yang lalu.

Seperti telah diberitakan sebelumnya saat ini sedang berjalan proses persidangan kasus Radio Erabaru di Pengadilan Negeri Batam. Pihak Jaksa Penuntut Umum diwakili oleh Rizky Rahmatullah sedangkan Radio Erabaru didampingi Penasehat hukumnya, Tantimin SH dari Kantor Advokat Ampuan Situmeang. Sidang yang digelar setiap minggunya ini dipimpin oleh Ketua Mejelis Hakim, Haswandi.

Persidangan kriminalisasi terhadap Radio Erabaru mendakwakan Direktur Utama Radio Erabaru atas pelanggaran penggunaan frekuensi dengan ancaman 6 tahun penjara.

Persidangan ini merupakan rentetan dari upaya penutupan atau pembredelan Radio Erabaru sejak tahun 2007 silam (baca: kronologis). Berawal ketika pihak Kedutaan Besar China di Jakarta mengajukan keberatan dan mengirimkan surat ke lembaga Negara di Indonesia. Surat tersebut berisikan desakan untuk menutup siaran Radio Erabaru di Batam. Pasalnya mereka tidak mau berita-berita mengenai peristiwa pelanggaran atas Hak Asasi Manusia (HAM) yang terjadi di China, disiarkan oleh Radio Erabaru yang bersegmenkan komunitas mandarin ini. Berita-berita tersebut diantaranya adalah praktik transplantasi organ tubuh illegal yang diambil paksa dari praktisi Falun Dafa di China, untuk komoditas. Penindasan dan praktik-praktik penganiayaan keji yang menimpa para praktisi Falun Dafa di daratan China. Genosida terhadap muslim Uighur di China, diskriminasi terhadap masyarakat Tibet yang berkepanjangan, produk-produk palsu yang berbahaya, susu melamin dan lain-lain. Fakta-fakta pelanggaran HAM ini disiarkan Radio Erabaru yang memang mempunyai misi diantaranya menyuarakan kemanusiaan dan kebenaran.

Intervensi Rejim Partai Komunis China (PKC) melalui surat tersebut, berlanjut dengan upaya-upaya pembredelan melalui organ-organ pemerintahan Indonesia. Hal ini sangat jelas mencoreng kehidupan pers dan hukum di Indonesia. Dimana Indonesia sebagai negara yang berdaulat tidak mampu melindungi hak-hak warganegaranya untuk berekspresi, berkarya, dan berperan di media.

Sejak kasus bergulir 4 tahun lalu ini, beragam kecaman dilontarkan oleh kalangan pers baik di dalam negeri maupun luar negeri. Dewan Pers yang menangani konflik-konflik pers mengecam intervensi Kedubes China terhadap kehidupan pers di Indonesia. Kecaman serupa disampaikan oleh Aliansi Jurnalistik Independen (AJI), Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Aliansi Wartawan Radio Indonesia (Alwari), Lembaga Studi Pers dan Pembanguna (LSPP), dan Lembaga Bantuan Hukum Pers di Jakarta. Dari kalangan internasional organisasi pers turut mengecam diantaranya Reporter Without Border, International Federation of Journalists (IFJ), dan Reporters Sans Frontières yang berkedudukan di Paris, Perancis.

Dukungan internasional lainnya, diantaranya dari Parlemen Eropa. Edward Mc Millan Scott, Wakil Ketua Parlemen Uni Eropa pada 13 Januari 2010, mengirimkan surat kepada Presiden RI tertanggal 2 Februari 2010 yang isinya meminta Presiden RI untuk memberi perhatian terhadap kasus Radio Erabaru di Batam agar tetap on air. Diiukti kemudian lima anggota Parlemen Uni Eropa juga mengirimkan surat serupa.

David Kilgour, mantan menteri luar negeri Kanada juga mengirimkan surat dukungan untuk Radio Erabaru kepada Presiden RI. David Kilgour adalah salah satu penerima penghargaan internasional HAM tahunan di Bern dari Masyarakat Internasional Swiss untuk HAM, pada Januari 2010 lalu.

Hingga saat ini kasus Radio Erabaru sudah hamper 4 tahun lewat, terhitung sejak Kedubes China mengirimkan surat intervensi mendesak penutupan Radio Erabaru pada medio 2007. Saat ini ada 3 kasus hukum yang sedang ditempuh Radio Erabaru.

PERTAMA. Gugatan perdata Radio Erabaru terhadap Menteri Komunikasi dan Informatika tahun 2008 tentang Ijin Penyelenggaraan Penyiaran (IPP) di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta. Saat ini kasus telah diajukan kasasi di Mahkamah Agung, dan belum ada putusan tetap.

Gugatan diajukan karena, ada cacat prosedur saat permohonan ijin radio erabaru (IPP). tidak tranparan dalam penilaian, diskriminasi, tidak fair dan penolakan IPP tanpa alasan jelas. Dugaan kuat dikarenakan memenuhi permintaan Kedubes China seperti yang tercantum dalam surat Kedubes ke lembaga Negara di Indonesia. Kedubes China menekan pemerintah Indonesia agar menutup Radio Erabaru karena takut kejahatan pelanggaran HAM yang terjadi di China disiarkan oleh Radio Erabaru.

KEDUA. Gugatan Perdata Radio Erabaru terhadap Direktur Jendral Pos dan Telekomunikasi, pada 12 Mei 2010 tentang Ijin Siaran Frekuensi (ISR) di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta. Gugatan perdata diajukan karena saat gugatan IPP Radio Erabaru masih Kasasi di Mahkamah Agung, Depkominfo (Departemen Komunikasi dan Informatika) mengeluarkan surat Ijin Siaran Radio (ISR) yang isinya 106,5 diberikan ke radio lain, yakni SING FM di Batam. Tentu saja hal ini berarti mengabaikan proses hokum yang sedang berjalan.

Akhirnya pada 5 Oktober 2010 lalu, putusan hakim memenangkan Radio Erabaru. Seluruh gugatan Radio Erabaru dikabulkan oleh hakim. Putusan ini otomatis menggugurkan ISR yang dikeluarkan Dirjen Postel yang diperuntukkan ke Radio SING FM. Direktur Jendral Pos dan Telekomunikasi mengajukan banding.

KETIGA. Sidang tuntutan terhadap Direktur Utama Radio Erabaru di Pengadilan Negeri Batam, dengan dakwaan pelanggaran frekuensi. Saat ini sedang menjalani sidang, yang dimulai 21 maret 2011 yang lalu. Saat ini masih proses persidangan.

Kilas balik. Radio Erabaru sejak berdiri 2005 sudah mengantongi ijin Dinas Perhubungan Pekanbaru, dan menyesuaikan dengan regulasi pada 2006. Radio Erabaru juga sudah melalui proses verifikasi dan evaluasi dengar pendapat dari Komisi Penyiaran Daerah (KPID) Kepri hingga mendapat surat rekomendasi kelayakan dan permintaan agar segera bersiaran/ on air dari KPID di frekuensi 106,5 MHz. Hingga kemudian intervensi Kedubes China muncul pada 2007, dan berbuah diskriminasi dan kriminalisasi terhadap Radio Erabaru hingga saat ini.

Demikian Info Kasus Erabaru terkini. Informasi-informasi perkembangan selanjutnya dapat dilihat di www.erabarufm.com (kategori Kasus Hukum).

Silahkan bergabung di Grup dukungan Facebook Radio Erabaru ‘Tolak Pembredelan Radio Erabaru’.

Informasi:
Radio 106,5 Erabaru FM

Rachmat P, Hp. 0813 7227 8787
Email: rpudiyanto@gmail.com atau erabarufm@gmail.com

... baca selengkapnya »»

April 20, 2011

Apresiasi Indosat di Hari Kartini

Baloi – Menyambut hari kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April, Indosat Cabang Batam ikut memeriahkan hari Kartini dengan memberikan apresiasi khusus bagi pelanggan Indosat yang datang ke galeri Indosat khususnya wanita. Selain itu, turut memeriahkan hari Kartini dengan menyelenggarakan program Corporate Social Responsibility (CSR) berupa donor darah.


“Pada hari Kartini kita berikan Apresiasi khusus bagi setiap pelanggan wanita,” ucap Head of Area sales Indosat Batam, M.Yahya, Rabu (20/4).

Menurut dia, apresiasi yang diberikan bagi kaum wanita pada hari Kartini merupakan bentuk kedekatan pelanggan Indosat yang berada di Batam. Di hari kartini tersebut, pihaknnya juga menyediakan souvenir menarik untuk para Kartini yang datang ke galeri Indosat. Termasuk voucer belanja senilai Rp 50 ribu – Rp 100 ribu untuk pembayaran tagihan minimal Rp 300 ribu tepat di tanggal 21 April tersebut.

Untuk kegiatan donor darah yang rutin dilaksanakan setiap tanggal 20 tiap bulan oleh Indosat, masyarakat umum juga bisa ikut mendonorkan darahnya. Sampai berita ini diturunkan sebanyak 28 kantong darah sudah di kumpulkan untuk disumbangkan kepada PMI cabang Batam. Setiap tahun, kegiatan donor darah Indosat mengumpulkan lebih dari 60 kantong darah. (ar/as)

... baca selengkapnya »»

Obral Obrol Langsung Sepanjang Hari

Baloi – Pelanggan mentari kini bisa menikmati layanan telepon dan SMS cukup dengan Rp 50 ke semua operator se-Indonesia sepanjang hari, 24 jam langsung tanpa syarat dan tanpa registrasi. Mentari dengan layanan terbaru obral obrol langsung dengan tarif sederhana. Kali ini Mentari hadir dengan hemat di depan gratis di belakang.


Head of sales Indosat Batam, M. Yahya mengatakan, mentari Obral obrol Langsung, merupakan program tarif hemat untuk menelpon berkali kali, sekaligus diberikan tambahan keuntungan gratis biaya jika melakukan panggilan panjang.

“Mentari obral-obrol langsung, merupakan bentuk apresiasi Indosat bagi pelanggan setia mentari,” jelas Yahya kepada Erabaru FM, Rabu (20/4).

Untuk tarif nelpon ke sesama Indosat lokal, dalam program ini dibagi dalam 4 periode waktu, di mulai dari pukul 00.00-05.59 pelanggan di kenakan tarif Cuma Rp 50 per menit (untuk 5 menit pertama dan selanjutnya gratis). Pukul 06.00-10.59berlaku tarif Rp 50 per menit (untuk 5 menit pertama dan gratis 5 menit berikutnya).

Sedangkan dari pukul 11.00-16.59, tarif yang berlaku Rp 50 per 30 detik dan pukul 17.00-23.59 berlaku tarif Rp 50/15 detik. Sementara untuk nelpon sesame indosat SLJJ dan operator lain, berlaku Rp 50 per 3 detik selama 24 jam, untuk layanan SMS ke semua operator berlaku tarif Rp 50 SMS selama 24 Jam.

Sementara untuk program mentari Obral Obrol Poool juga tersedia dalam 3 pilihan,. Untuk OBROL siang, pelanggan bisa nelpon berkali-kali selam 60 menit kesemua nomor Indosat dari pukul 02.17 WIB, pelanggan hanya dikenakan tarif Rp 1000 per hari (khusus wilayah luar Jawa pukul 02.24 WIB). Caranya sangat mudah cukup ketik SIANG kirim ke 303 atau hubungi *777*2*1*2#.

Untuk obrol malam, pelanggan bisa nelpon berkali kali sampai 100 menit ke semua nomor Indosat se Indonesia pukul 17.00-24.00, dengan tarif Rp 2500 per hari dengan mengetik MALAM kirim ke 303 atau hubungi *777*2*2*2#.

Sedangkan untuk OBROL KELUARGA, pelanggan bisa nelpon berkali-kali seratus menit ke 4 nomor intdosat yang didaftarkan dari pukul 02.00 17.00 dengan tarif Rp 2500 per tiga hari, cukup ketik Reg(spasi)No HPAnggota 1 (spasi) berikutnya sampai anggota 4 kirim ke 303 atau menghubungi *777*2*3*2#.

Mentari hadir dengan berbagai fasilitas, layanan lengkap dan tarif telpon hemat serta didukung oleh layanan roaming internasional diharapkan dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan komunikasi bagi pelanggan sekaligus semakin mendekatkan pelanggan dengan teman keluarga seiring dengan intensitas komunikasi yang meningkat. (ar/as)

... baca selengkapnya »»

April 19, 2011

Umat Khonghucu Sah ber-KTP Agama Konghucu

Nagoya – Hak-hak sipil semua umat Khonghucu seperti melaksanakan ibadah, kini resmi dipulihkan oleh negara. Pemulihan tersebut diantaranya pencantuman agama Konghucu di KTP dan penulisan di akta pernikahan. Hal tersebut diutarakan langsung oleh Kepala Bimbingan Masyarakat Agama Khonghucu Kementerian Agama RI, Ferry Meldi, saat menggelar workshop implementasi keberadaan dan pelayanan pendidikan terhadap agama Khonghucu di Nagoya Hotel, Batam, Selasa (19/4).


“Melalui kegiatan ini kita memulihkan kembali hak-hak sipil dari umat Khonghucu di Indonesia,” jelas Ferry kepada Era Baru FM.

Menurut Ferry, banyak yang harus disosialisasikan kepada masyarakat terlebih bagi umat Khonghucu sendiri, seperti pemulihan identitas umat Konghucu. Selain itu, tempat ibadah umat Konghucu yakni Klenteng juga diatur oleh pemerintah, agar perselisihan mengenai tempat ibadah dengan agama lain tidak terulang seperti yang telah terjadi dibeberapa daerah.

Sementara, Ketua Umum Majelis Tinggi agama Khonghucu Indonesia (Matakin) Pusat Wayan Wiratma mengatakan bahwa seluruh umat khonghucu harus mengetahui hak-hak mereka yang tidak dapat dilaksanakan selama ini. Menurut dia, umat Konghucu semestinya mengetahui ketentuan yang telah diatur oleh pemerintah.

“Khusus bagi umat Khonghucu harus pro-aktif dalam kegiatan keagamaan, termasuk aktivitas di Klenteng,” harap Wayan. (ar/as)

... baca selengkapnya »»

Kaca Film Bergaransi 5 Tahun

Batam Center – Batam Mandiri yang merupakan satu-satunya penyalur produk kaca film V-kool dan Solar Gard di wilayah Batam, menyediakan kaca Film yang bergaransi selama 5 tahun. Selain dengan kualitas yang tidak diragukan, untuk pembelian kaca film Solar Gard selama bulan April disediakan diskon sebesar 40-45 persen.


“Kita memberikan produk V-Kool dan Solar Gard dengan garansi jaminan selama lima tahun” ujar Karyawan Batam Mandiri, Dini, saat di temui Era Baru FM, Selasa, (19/4).

Menurut dia, untuk satu set pemasangan kaca film disesuaikan dengan dari jenis mobil. Ditambah dengan setiap pemasangan produk yang berasal dari Amerika tersebut bisa dipasang ditempat yang diinginkan.

Untuk produk V-Kool selama lebih lima belas tahun tetap menjadi produk unggulan yang dipercaya oleh produsen mobil terkenal di dunia, seperti Mercedes Benz, BMW, Audi serta Toyota Subaru Volvo Mazda yang hingga saat ini terdapat 20 juta lebih kendaraan yang mengaplikasikan kaca film V-Koll.

Rita salah satu pelanggan kaca film mengaku sangat penting untuk memasang kaca film, selain bisa menambah penampilan di mobil kaca film juga menjadi trend saat ini.

“Sinar matahari sangat mengganggu saat berkendara tanpa kaca film,” jelasnya.

Bagi anda yang membutuhkan informasi lebih lengkap bisa datang langsung ke Batam Mandiri di alamat Komplek Ruko Palm Spring B-l A3 No 3 Batam Center atau bisa menghubungi no telpon 0778-7211010. (ar/as).

... baca selengkapnya »»

Pemeriksaan Saksi-saksi JPU

(Dari Sidang Kriminalisasi Dirut Radio Erabaru FM di Pengadilan Negeri Batam)

Sekupang - “Saya tidak mau nantinya ada unsur diskriminasi. Beban hakim berat, jangan sampai nanti memutuskan keputusan yang salah. Jadi Anda jawab yang benar,” ujar hakim kepada saksi yang dihadirkan Jaksa
Penuntut Umum (JPU) saat berlangsungnya sidang lanjutan kriminalisasi Dirut Radio Erabaru, Senin (18/4) di Pengadilan Negeri Batam.

Agenda sidang kelima ini, menghadirkan para saksi JPU, yakni Saleh Silaban dan Afdal. Keduanya adalah pegawai kantor Balai Monitoring Kelas II Batam bagian monitoring dan penertiban. Sidang masih dipimpin Ketua Majelis, Haswandi SH, MHum. Hadir juga Gatot, Dirut Radio Erabaru yang didampingi Penasehat Hukumnya, Tantimin.

Sidang dimulai sekitar pukul 15.30 wib dan berakhir pukul 18.00 wib. Sidang berjalan cukup alot, dikarenakan keterangan dari saksi yang simpang siur. Hakim tidak puas akan jawaban para saksi. Bahkan hakim sempat memperingatkan saksi agar menjawab dengan sebenar-benarnya. Beberapa pertanyaan malahan ada yang tidak terjawab. Seperti saat ditanya, Radio Erabaru sudah bersiaran sejak 2006 di frekuensi 106,5 MHz, kenapa baru ditindak sekarang, tidak dari awal-awalnya.

“Apakah ada main mata dengan Balmon, Radio Sing, atau dengan Radio Erabaru?” tanya hakim.


Menurut hakim ada kejanggalan-kejanggalan dan diskriminasi yang harus diungkapkan. Hakim merasa heran jika alasan Balmon adalah penertiban, lalu mengapa hanya Radio Erabaru yang ditindak padahal banyak radio lainnya, termasuk Radio Sing FM tidak ditindak.

Sementara itu Tantimin, Penasehat Hukum Radio Erabaru mempertanyakan Radio Sing saat ini bersiaran di frekuensi 105,5 MHz, lalu apa dasar yang digunakan untuk mengudara.

“Padahal Radio Sing FM tidak mempunyai ISR di 105,5 MHz khan?” Tanya Tantimin.

Jawaban saksi tidak memuaskan, yang menyatakan bahwa telah ada kesepakatan Radio Sing FM boleh mengudara di frekuensi 105,5 MHz. Hal ini sama saja dengan mengudara secara ilegal.

Sidang yang berlangsung 2,5 jam itu akan dilanjutkan pada Kamis (21/4) mendatang, masih dengan agenda pemeriksaan saksi dari JPU. (rah)

... baca selengkapnya »»

April 18, 2011

UN Tanpa Lembaran Jawaban Cadangan

Seraya – Menghadapi Ujian Nasional (UN) tingkat SMA sederajat yang mulai digelar mulai Senin (18/4) di seluruh Indonesia, 291 siswa-siswi SMK Kartini mengikuti UN tanpa lembaran jawaban cadangan. Meski demikian, Kepala Sekolah SMK Kartini Batam Dra.Nong Triadiah optimis siswanya bisa meraih kembali nilai UN tertinggi se-Kepri.

“Mudah mudahan di tahun ini SMK Kartini bisa meraih kembali kategori nilai ujian tertinggi,” harap dia kepada Erabaru FM, Senin (18/4).


Menurut wanita yang akrab disapa dengan ibu Nong, Hujan yang mengguyur Kota Batam di hari pertama, tidak menyurutkan semangat siswa-siswi SMK Kartini. Khusus di SMK Kartini, untuk ujian teori bagi kejuruan juga telah dilaksanakan sebelumnnya dengan kelompok teknologi industri, bisnis manajemen dan pariwisata dengan jumlah 986 siswa-siswi secara keseluruhan.

Sementara, Riki seorang siswa SMK kartini yang mengikuti Ujian Nasional mengaku bisa mengerjakan seluruh soal ujian Bahasa Indonesia di hari pertama. Namun dia juga terkendala dengan beberapa soal bahasa yang dinilai cukup rumit.

“Tadi ujiannya dapat semua, namun ada beberapa soal yang cukup rumit,” jelasnnya. (ar/as)

... baca selengkapnya »»

April 14, 2011

Promo Khusus Selama Bulan April

Baloi – Bagi anda kaum wanita yang ingin memanjakan tubuh dan wajah, kini Prestige Aesthetic Clinic selama bulan April menawarkan harga khusus untuk perawatan tubuh.

“Selama satu bulan prestige banyak memberikan promo untuk mempermudah masyarakat,” jelas Leader Marketing Prestige Cabang Batam, Mariana, kepada Era Baru FM, Kamis (14/4).


Menurut Mariana, promo khusus berlaku untuk perawatan non medis dan medis, yakni Body Treatment Seasons seperti, perawatan Mesofat, Ultra Sound Fat Cavitation, Thermalift Perut dan Payudara. Selain itu, masyarakat juga bisa merasakan Spa, Back Treatment Body Massage and Scrub dan Thalaslimming untuk perawatan non medis.

Sedangkan untuk Medical Spa yang menjadi andalan adalah Aromatic Spa dan Herbal Spa. Dengan perpaduan ramuan essential oil yang konsentrat, membawa perubahan nyata yang dramatis dalam peremajaan kulit tubuh.

Bagi yang suka dengan rempah asli Indonesia, tersedia Herbal Spa yang menyajikan rangkaian lengkap herbal unggulan Indonesia untuk pemutihan, penghalusan dan pengencangan kulit tubuh. “Paduan lulur asli Indonesia selalu dicari oleh orang asing, termasuk pelanggan lokal,” terang Mariana.

Ditambahkannya, perawatan yang dilakukan secara rutin akan membuat kulit halus, peredaran darah lancar, otot relax dan akhirnya membuat tubuh menjadi segar dan bergairah.

Diskon unik dan special yang ditawarkan adalah untuk pelanggan yang datang sendirian, maka akan mendapatkan diskon 15 persen dan mendapatkan voucher cash back diskon 20 persen untuk Treatment berikutnya. Kemudian akan mendapat diskon 20 persen jika datang bersama teman dan diskon 10 persen untuk teman yang diajak. Selain itu, akan mendapat Voucher Cashback Diskon 25 persen untuk perawatan tubuh dan dapat digunakan untuk perawatan selanjutnya.

Tunggu apalagi, segera datang bersama teman-teman anda untuk mendapatkan perawatan tubuh anda dengan diskon yang lebih besar. Ikuti juga berbagai informasi promosi Prestige Aesthetic Clinic di www.prestige-clinic.com atau datangi langsung di komplek Taman Kota Mas Blok A2 No 1-2-3 Baloi, Telepon 0778-7437555. (ar/as)

... baca selengkapnya »»

Pencegahan Narkoba Berbasis Tempat Kerja

Nagoya – Badan Narkotika Nasional Pusat siap menerapkan program pencegahan narkoba berbasis tempat kerja di lingkungan kerja Lima instansi pemko Batam yakni Imigrasi, Polresta Barelang, BKKBN, Sekolah dan Polisi Pamong Praja.

Perwakilan Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta, Diah Setia Utami menjelaskan bahwa penerapan konsep dan program pencegahan narkoba berbasis tempat kerja
mesti diterapkan di setiap instansi yang ada di daerah.

“Pemahaman untuk program pencegahaan narkoba di lingkungan kerja, merupakan bagian terpenting untuk menghindari penyalahgunaan narkoba,” ucap Diah dalam sambutannya saat sosialisasi di Nagoya Hotel, Batam, Kamis (14/4).

Menurut dia, konsep dan prinsip pendidikan pada program pencegahan narkoba (P4GN) yang bisa diterapkan di daerah meliputi pendidikan dan pelatihan tentang narkoba. Selain itu, aturan kebijakan dan pesan yang jelas serta lokasi tempat kerja yang sehat termasuk memberikan program bimbingan bagi karyawan.

Sementara, perwakilan dari sekolah SMA Negeri 1 Batam, Suci, menjelaskan bahwa pendidikan tentang narkoba untuk anak-anak sekolah merupakan yang cukup penting menciptakan generasi muda yang berkualitas untuk bersaing di era kemajuan zaman.

“Kegiatan seperti ini sangat penting untuk mendidik dan memberi pengetahuan bagi anak-anak remaja,” harapnya. (ar/as)

... baca selengkapnya »»

April 13, 2011

H-Spa Raih Penghargaan Tingkat Dunia

Marina City – H-Spa yang dimiliki Harris Resort Batam mendapatkan penghargaan tingkat dunia bertajuk “Best Luxury Resort Spa”. Spa yang berlokasi di lantai 3 Harris Leisure Club ini menyediakan beragam pilihan Massage & Spa.

“Kami sangat bangga menerima penghargaan ini, namun kebanggaan dan rasa syukur kami tentunya untuk bisa lebih meningkatkan pelayanan bagi tamu,”
tutur General Manager Harris Resort Batam, Mr. Stylianos Koureas, dalam realisnya kepada Erabaru FM, Rabu (13/4).

Executive Manager The World Luxury Spa Award Marinique Truter mengatakan, bahwa penghargaan ini merupakan penghargaan tertinggi di dunia yang bisa diterima oleh perusahaan jasa Spa.

“Kami mengucapkan selamat bagi para pemenang dan percaya mereka akan senantiasa menjaga kredibilitas dan tingkat pelayanan,” ujarnya.

Untuk penghargaan bergengsi The World Luxury Spa Awards yang khusus diberikan kepada bidang jasa Spa, panita memberikan 8 kategori penghargaan bidang Spa dan membuka line voting bagi para pengguna jasa Spa untuk memberikan suaranya diawali pada 1 Februari 2011 sampai 19 Maret 2011. (ar/as)

... baca selengkapnya »»

Global Indo-Asia Gelar Iven Apresiasi Bagi Murid

Batam Center –Sekolah Global Indo-Asia kembali menghadirkan iven tahunan terbesar bertajuk Annual Science, Sports dan Art. Pagelaran yang diselenggarakan dari tanggal 11-16 April 2011 merupakan ajang pendekatan dan apresiasi sekolah Global dan sekolah lainnya. Iven dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti kompetisi menulis, lomba mewarnai, seminar dan bazar.


“Kegiatan ini, merupakan ajang pendekatan dan apresiasi bagi murid sekolah global dan sekolah umum lainnya,” ucap Pembina Osis SMP dan SMA Sekolah Global Indo-Asia, Ms Dika Mayasari, kepada Erabaru FM, Rabu (13/4).

Menurut Dika, lomba olahraga juga ikut digelar khusus bagi anak SMP dan SMA, seperti sepak bola untuk campuran perempuan dan laki-laki serta bola basket. Untuk agenda seminar, menghadirkan narasumber yang berkompeten dibidangnya seperti seminar pendidikan, Psikologi dan bahaya narkoba bagi generasi muda.

Sementara, Ani salah seorang wali murid siswa dibangku TK yang mengikuti lomba menggambar, mengatakan cukup senang dengan kegiatan ini. Menurut dia, selain bisa mengasah kemampuan anak, sekaligus bisa mengajarkan anak untuk bersosialisasi dengan teman-temannya.

“Kegiatan seperti ini cukup bermanfaat untuk anak-anak usia dini,” Jelasnya.

Bagi anda yang ingin mengukuti agenda bisa datang ke sekolah Global Indo-Asia di Jl Raya Batam Centre Kav. SGIA, Batam atau bisa menghubungi telepon 0778 – 467333. (ar/as)

... baca selengkapnya »»

April 12, 2011

Fasilitasi Siswa Berprestasi ke Tingkat Internasional

Batu Ampar – Elham Football Academy (EFA) yang merupakan sebuah program sekolah sepak bola berkelas internasional kini hadir di Batam. Sekolah sepakbola untuk usia dini mulai dari umur 6-10 tahun, siap memfasilitasi siswanya untuk berlaga di tingkat internasional.

“EFA nantinya memfasilitasi siswa yang berprestasi untuk berlaga di tingkat internasional” tegas pengurus Elham Football Academy, Darwin Hamid, Selasa (12/4).


Menurut Darwin, program-program yang ditawarkan turut membantu mengembangkan keterampilan seperti mengiring bola, kecerdasan dan keakuratan dalam menerima atau menendang bola, termasuk menyundul, menembak dan keterampilan kiper.

Bagi murid yang terdaftar, nantinya akan mengambil bagian dalam pelajaran berkelompok selama 30-45 menit, dengan kurikulum untuk membentuk dan memperdalam keahlian dan bakat anak.

Setiap anak-anak yang berprestasi lanjut Darwin, akan dipilih untuk berlaga keluar negeri dan akan diberikan bebas uang sekolah.

EFA saat ini, menawarkan program latihan dalam ruangan dan out door, untuk 20 orang siswa di setiap kelas dengan jadwal latihan 2 kali dalam seminggu dan di minggu ketiga akan di lakukan pertandingan ujicoba dengan klub-klub sepak bola (SSB) yang ada, bahkan dengan klub di Singapura.

EFA yang baru diresmikan 17 April 2011, bermarkas di lapangan sepak bola Temenggung Abdul Jamal. Untuk Biaya pendaftaran promosi angkatan pertama di EFA Batam sebesar Rp 750 ribu (Uniform dan registrasi) serta untuk tiap bulannya membayar Rp 300 ribu.

Untuk informasi lebih lengkapnya silahkan menghubungi manajemen EFA Batam di Gedung Gapuro Jl. Kuda Laut II Batu Ampar atau bisa menghubungi telpon di 0778-7896000 atau bisa juga mengunjungi www.elham –football-academy.com. (ar/as)

... baca selengkapnya »»

April 11, 2011

Putusan Sela Sidang Keempat Kriminalisasi Dirut Erabaru

Hakim menerima dakwaan yang disampaikan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada sidang lanjutan kriminalisasi Dirut Radio Erabaru pada Senin (11/4) siang di Pengadilan Negeri Batam. Sidang yang digelar sekitar pukul 15.30 wib tersebut dihadiri juga pihak Radio Erabaru beserta Penasehat Hukumnya.


Pada kesempatan itu, Majelis hakim yang diketuai Haswandi, SH, M Hum membacakan putusan sela selama sekitar 15 menit. Hakim memutuskan menerima dakwaan yang diajukan JPU dan sidang pemeriksaan kasus ini dilanjutkan.

Sidang akan digelar kembali pada Senin, 18 Maret 2011 dengan agenda pemeriksaan saksi-saksi dari JPU. (rah)

... baca selengkapnya »»

Kapolda Tidak Berani Tindak Sindikat Mobil

DPRD Provinsi Kepri mendesak Kepolisian Daerah (Polda) Kepri untuk mengusut tuntas pelaku sindikat mobil plat X ke Batam. Hal tersebut diutarakan anggota komisi I DPRD Kepri Ahars Sulaiman, saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan pihak Polda, Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo), Bea dan Cukai serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, Senin (11/4) siang.


“Sikap Kapolda Kepri ini plin plan, terkait tidak beraninya Kapolda mengeluarkan keputusan untuk memungut biaya registrasi secara mendasar,” tegas Ahars.

Fakta tersebut terungkap setelah pihak Polda kepri melalui Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Kombes Joni Triharto, tidak dapat menjawab pertanyaan Ahars Sulaiman terkait apa yang menjadi tanggung jawab polisi terhadap sindikat pemasok mobil pasca pemberlakuan PP 63 tahun 2003 tentang pajak pertambahan nilai dan pajak penjualan barang mewah di Batam.

Dengan kebijakan ini, Kapolda harus bertindak tegas terhadap oknum polisi yang telah berani mengeluarkan Surat Tanda Nomor Kepolisian (STNK) maupun Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) meski tanpa mengantongi dokumen resmi dari pihak Bea Cukai seperti Form A.

Menurut Ahars, polisi sebaiknya tidak melakukan registrasi ulang mobil seri X secara menyeluruh, sebab terdapat perbedaan mencolok antara mobil seri X yang masuk sebelum implementasi kebijakan soal PPN BM dan yang masuk setelahnya.

Sementara itu, Joni Tri Harto menegaskan bahwa registrasi jelas dilakukan untuk proses penyelesaian permasalahan kendaraan bermotor huruf seri X agar masyarakat cepat mendapatkan kepastian hukum.

Kebijakan yang dilakukan menurutnya, bukan merupakan produk kebijakan sepihak, sebab Polda dengan pihak perbankan maupun Bea Cukai telah berkoordinasi dengan intensif, terutama menyangkut besaran nilai administrasi yang menjadi kewajiban pemilik mobil seri X.

Diungkapkannya, Polda dengan pihak perbankan telah berkoordinasi pada 2 April 2011 lalu di Hotel Turi Beach membahas penyelesaian kendaraan bermotor yang BPKB nya diagunkan di bank-bank perkreditan rakyat.

“Jadi jangan bilang kami tidak berkoordinasi, kalau ada masyarakat yang ribut tentu kita harus pilah itu masyarakat yang mana dulu," tukasnya. (ar/as)

... baca selengkapnya »»

April 08, 2011

Cita Rasa Nusantara, Ya Sate Jumbo

Berawal dari kelas pujasera, Sate Jumbo hadir di Batam dengan menu yang seperti semula dari menu-menu asli nusantara. Lahirnya Sate Jumbo berangkat dari berbagai menu nusantara yang cita rasanya dinilai telah berubah. Selain Sate, pengunjung juga bisa menikmati berbagai menu khas dari resto sate jumbo, seperti sop buntut jumbo, aneka iga sapi jumbo, bebek cabe ijo jumbo serta minuman yang serba jumbo.


“Kami ingin kembalikan menu itu seperti cita rasa semula,” ucap Bie San pemilik resto dan lesehan Sate Jumbo saat talkshow di Radio Erabaru, Jumat (7/4) siang.

Menurut Bie San, khusus untuk ukuran satu tusuk Sate Jumbo sama dengan 5 tusuk dari sate biasanya. Berbanding dengan sate biasanya semakin lama, semakin kecil juga porsinya. Ditambah lagi dengan sajian yang disediakan berupa kulit dan jeroan, tentunya mengurangi tingkat kepuasan konsumen.

Sate Jumbo yang tidak hanya unggul dari ukuran besarnya, tapi juga selektif dalam pemilihan daging dan tekstur kelembutan daging. Dari semua daging yang dianggap cocok untuk sate dari ayam dan kambing adalah daging dari paha pangkal bawah dan atas. Dengan tanpa lemak dan kulit lagi-lagi memberikan kepuasan tersendiri bagi masyarakat yang menikmatinya.

“Dari daging paha ini nyaris tidak ada lemak dan kulit,” ucapnya.

Sementara itu menjawab pertanyaan yang menanyakan mengapa daging Sate Jumbo yang semakin dibakar semakin empuk. Bie San menjelaskan daging sate jumbo waktu mentahnya dipotong dengan ukuran besar, dibandingkan dengan sate lainnya yang dipotong dengan ukuran tipis dan kecil. Maka pada saat dibakar daging yang tipis akan menjadi keras. Sedangkan jika daging dengan ukuran besar, yang terbakar adalah pinggirannya daging.

“Pinggiran daging keras, jadi pada saat digigit tengahnya tidak terbakar maka itulah yang membuatnya tetap empuk,” jelasnya.

Untuk pengunjung yang menyantap makanan di Sate Jumbo, disediakan diskon 50 persen khusus yang bertransaksi minuman minimal senilai Rp 125.000 tanpa dibatasi dengan waktu tertentu.

Sembari menunggu disuguhkannya hidangan yang telah dipesan, pengunjung dipersilakan memilih secara gratis aneka makanan ringan atau cemilan seperti aneka gorengan, bubur kacang hijau, gado- gado, tao shuan dengan cakwenya.

“Semua ini gratis, satu rupiahpun tidak kita kenakan bayaran untuk makanan ringan,” ujarnya.

Bagi anda yang penasaran ingin merasakan segala masakan di sate jumbo, bisa datang langsung ke resto dan lesehan sate jumbo di Komplek Dana Graha Gazebo, Nagoya, pukul 11.00 sampai pukul 23.00 WIB. Atau di Pujasera Goldenland Blok B 02, 03, 04, 05 Batam Centre, serta bisa menghubungi ditelpon 0778 – 7064992. (as)

... baca selengkapnya »»

Promo Khusus LG Selama Pameran

Batam Center – LG elektronik kembali menggelar promo bertajuk LG Exhibition Special Price and Lucky Draw. Pameran digelar di Atrium Mega Mall dari tanggal 03-16 April 2011. Sales Promotion Girl LG, Dela mengatakan, selama pembelian di pameran akan mendapatkan promo khusus untuk produk tertentu. Selain itu, pelanggan akan mendapatkan harga lebih murah 20 persen dari hari biasa di luar pameran.


“Untuk pembelian produk televisi seri ELX 6500 ukuran 55 Inch free Tv LID 26 Inch, ditambah kacamata 3 dimensi,” jelasnya kepada Erabaru FM, Jumat (8/4).

Selain itu, setiap pembelian minimal Rp 1 Juta tidak berlaku kelipatan, akan mendapatkan satu kupon undian untuk ditukarkan dengan hadiah televisi. Pihaknya mengaku dalam sehari bisa bertransaksi penjualan produk LG bisa mencapai 30 Berkas, karena banyak peminat.

Untuk produk-produk LG yang paling banyak di cari adalah Tv LID, Kulkas dan mesin cuci, seperti TvLID ungkapnya, telah membenamkan Full HD dengan contras ratio yang tinggi dan di lengkapi layanan internet plus konektor USB.

Kelebihan lainnya untuk produk Tv LID Free Breaket, dan untuk pembelian satu unit DVD Player akan mendapatkan Voucher KFC senilai Rp 20 ribu.

Bagi anda yang tidak sanggup untuk membeli produk LG secara tunai, selama pameran juga di sediakan fasilitas kredit melalui lisensi Adira. Disini, khusus untuk kredit lebih murah dengan bunga hanya 1,8 untuk pembelian di atas 12 bulan. (ar)

... baca selengkapnya »»

April 07, 2011

Diskon 20 Persen Untuk Semua Kamar

Pelita – Dengan menghadirkan kamar yang cukup nyaman, Hotel Pelita mungkin bisa menjadi pilihan anda beristirahat. Selama bulan April ini Hotel Pelita memberikan promo diskon 20 persen untuk semua tipe kamar.

“Kita berikan apresiasi khusus diskon 20 persen bagi tamu di bulan April,” ujar Manager Hotel Pelita, Mustaqfirin, Kamis (7/4).


Menurut Mustaqfirin, Hotel Pelita memiliki 81 unit kamar dengan empat kategori yakni kamar dengan standar B, Deluxe Room, Executive Room dan Suite Room. Restoran Hotel Pelita juga menyajikan masakan nusantara. Bagi anda yang senang bersenandung ria, disediakan ruangan karaoke.

Hotel Pelita yang berlokasi di Jalan Sriwijaya No 23 Pelita, 40 persen tamu-tamunya merupakan wisatawan dari Singapura. Selebihnya, berasal dari seluruh daerah di Indonesia seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya.

Untuk kebutuhan pertemuan atau seminar, Pelita Hotel menyediakan Mahoni Ballroom yang cukup menampung 150 orang dan Ceery Room yang bisa menampung 60 orang. Dengan jarak yang dekat dengan pusat keramaian Kota Batam, menjadikan Pelita Hotel sering digunakan untuk pertemuan instansi pemerintahan dan berbagai kelompok masyarakat. (ar/as)

... baca selengkapnya »»

April 06, 2011

Sajikan Menu dengan kreasi ala Indonesia, Asia dan ala Barat

Simp Kabil – Tender Chicken bisa jadi menjadi pilihan tempat makan favorit bersama keluarga, rekan kerja dan orang-orang terdekat anda untuk bersantap ria dengan 24 macam menu dari ayam. Berlokasi di Kepri Mall dan Harbor Bay Mall, Tender Chicken menghadirkan ayam segar dengan kreasi masakan ala Indonesia, Asia dan ala Barat.


“Kita berikan menu khusus ayam segar yang dipadukan dengan kreasi masakan ala Indonesia, Asia, dan ala Barat, ” ujar Manager Tender Chicken Batam, Mariana, kepada Erabaru FM, Rabu (6/4) .

Untuk ayam disesuaikan dengan selera konsumen seperti makanan Indonesia yang dipadukan dengan nasi, serta untuk makanan Asia juga tersedia. Selain itu, makanan ala barat juga disediakan.



Menurut Mariana, pihaknya juga menyediakan beragam menu khas Indonesia, Asia dan Eropa seperti Nasi Lemak, Burger Combo, Meet Ball Spaghetti dan Super Panas.

Ditambahkannya, masyarakat bisa bebas memilih menu makanan yang disediakan seperti menu paket hemat. Selain itu, untuk lima menu khusus seperti meet ball spaghetti, fish and chip dan hapines plate, burger combo serta bento set, diberlakukan potongan harga 50 persen dari tanggal 3-17 April 2011.

Kedepan menurutnya, juga diberlakukan diskon khusus untuk menu makanan. Bagi anda yang berminat bisa datang langsung ke Kepri Mall di lantai dasar No.25 dengan Telpon 0778-7490299, sedangkan untuk di Harbour Bay Mall di lantai dasar No.4 dengan Telpon 0778-7415166. (ar/as)

... baca selengkapnya »»

April 05, 2011

Qing Ming Sebagai Tanda Bakti Kepada Leluhur

Sei Temiang– Warga Tionghoa Batam melaksanakan ritual Qing Ming atau hari Ceng Beng (logat Hokkian) yang jatuh pada Selasa, (5/4). Ritual yang juga dikenal sembahyang kubur ini sekaligus sebagai tanda bakti kepada leluhur.

Ketua Majelis Agama Khonghucu (Makin) Kepri, Soedarmadi mengatakan upacara Qing Ming merupakan bentuk rasa hormat kepada nenek moyang.


“Upacara ini wajib untuk dilakukan bagi umat Khonghucu yang dilaksanakan dalam setahun,” ucap Darmadi kepada Erabaru FM.

Menurut Soedarmadi, Qing Ming merupakan salah satu hari besar umat Khonghucu. Di daratan Tiongkok lanjut dia, Qing Ming merupakan hari Libur secara nasional karena sebagian besar adalah penganut Khonghucu.

Pelaksanaan sembahyang kubur di batam dipusatkan di pekuburan Sei temiang dan Pulau Sambu. Untuk pelaksanaan Qin Ming di pekuburan Sei Temiang, dari pagi banyak warga yang datang membawa keseluruhan anggota keluarga untuk bersembahyang. Bahkan, dari sebagian warga ada yang datang dari jam 05.00 pagi WIB. (ar/as)

... baca selengkapnya »»

Memasak dengan Aman dan Nyaman Bersama Pertamina

Talkshow Interaktif kerjasama Radio Erabaru, KBR68H dan Pertamina

”Gunakan peralatan LPG, mulai dari tabung, kompor, regulator, dan selang sesuai dengan Standard Nasional Indonesia (SNI),” demikian dijelaskan Bp. Gusti Bagus Suteja, Sales Representatif dari Pertamina Pusat Jakarta via telepon saat
talkshow di Radio Erabaru, Selasa (5/4) siang.

Talkshow yang merupakan kerjasama antara Radio Erabaru, KBR68H beserta Pertamina mengambil tema ‘Memasak dengan Aman dan Nyaman dengan Pertamina.’

Talkshow menghadirkan pihak Pertamina Pusat Jakarta, Gusti Bagus Suteja dan duta elpiji dari Batam, Bp. Bambang Sucipto. Melalui telepon Bp. Suteja menjelaskan bahwa tujuan pelaksanaan dari program ‘Memasak dengan Aman dan Nyaman dengan Pertamina’ adalah memberikan pengetahuan tentang Program Konversi Minyak Tanah ke Elpiji dan Produk (paket Perdana konversi terutama tabung LPG 3 Kg). Diharapkan masyarakat dapat menggunakan Gas Elpiji secara baik dan benar.

“Selanjutnya masyarakat dapat merasakan keuntungan pemakaian peralatan konversi, yaitu menunjang kegiatan memasak yang aman, nyaman, dan hemat,” ujar Suteja.

Sementara itu menjawab pertanyaan pendengar melalui telepon, yang menanyakan bagaimana tips untuk memasak dengan nyaman dan aman menggunakan elpiji. Bambang Sucipto menjelaskan tips-tips tersebut diantaranya adalah gunakan peralatan LPG sesuai dengan Standard Nasional Indonesia (SNI). Selang harus terpasang erat dengan klem pada regulator maupun kompor.

Tabung Elpiji diletakkan menjauh dari kompornya atau sumber api lainnya dan harus diupayakan tidak terpapar panas. Pasang regulator pada katup tabung ELPIJI (posisi knob regulator mengarah ke bawah). Pastikan regulator tidak dapat terlepas dari katup tabung Elpiji. Pastikan selang tidak tertindih atau tertekuk.

”Periksa kemungkinan kebocoran gas dari tabung, kompor, selang, maupun regulatornya dengan cara membasuh dengan air sabun pada bagian-bagian rawan kebocoran. Apabila terjadi kebocoran akan terjadi gelembung-gelembung udara pada air sabun dan tercium bau khas Elpiji,” jelasnya saat talkshow.

Lebih lanjut, Suteja berpesan kepada seluruh masyarakat untuk tidak takut menggunakan Gas Elpiji. Saat membeli Elpiji 3 Kg, diminta selalu ingat 3T, yakni, teliti segel Elpiji, timbang ketepatan isinya, telepon agen atau contact centre Pertamina di 500-000 jika ada keluhan.

“Kami juga menghimbau, agar waspada terhadap pihak-pihak yang mengaku sebagai rekanan Pertamina,” pungkasnya.

Diakhir acara diumumkan pemenang kuis yakni Rita dan Santi sebagai penanya terbaik. Talksow ini masih berlanjut di bulan berikutnya. (rah)

... baca selengkapnya »»

April 04, 2011

Sidang Ketiga Lanjutan Kriminalisasi Dirut Erabaru

Sidang lanjutan kriminalisasi Dirut Radio Erabaru menginjak sidang ketiga pada Senin (4/4) siang. Sidang dengan agenda tanggapan Jaksa Penuntut Umum (JPU) terhadap eksespsi Penasehat Hukum Radio Erabaru ini digelar sekitar pukul 14.00 wib, mundur 1 jam dari jadual semula.

Sidang yang dipimpim hakim Haswandi,
SH, M Hum ini dihadiri oleh pihak Jaksa Penuntut Umum, Rizki Rahmatullah dan pihak Radio Erabaru. Pada kesempatan itu, Rizki, SH membacakan tanggapan atas eksepsi Radio Erabaru. Isinya bahwa ia menolak eksepsi terhadap dakwaan yang menyatakan bahwa dakwaan prematur, tidak cermat, tidak jelas dan tidak lengkap. Selanjutnya meminta hakim juga menolak eksepsi Radio Erabaru.

Sidang dilanjutkan pada Senin, 11 Maret 2011 dengan agenda putusan sela. (rah)

... baca selengkapnya »»

Mobil Plat X Wajib Cap Khusus

Batam Center – Setelah pro kontra registrasi ulang kendaraan bekas dari Singapura yang tak kunjung usai, kini masyarakat Batam yang memiliki kendaraan roda empat berplat X itu diwajibkan untuk membubuhi cap khusus Batam di STNK dari kendaraan yang dimiliki.

Kasi BPKB Polda Kepri, Komisaris Polisi Hilman.W mengatakan kebijakan khusus tersebut diberlakukan di Batam sejak Jumat 1 April 2011.


“Kebijakan cap khusus Batam ini, nantinya kendaraan Plat X tersebut tidak boleh untuk balik nama,” tegas Hilman kepada wartawan, Senin (4/4).

Menurutnya, masa berlakunya peraturan khusus ini menunggu keputusan Korlantas Mabes Polri. Untuk masyarakat yang mengurus cap khusus Batam tersebut lanjut dia, telah disiapkan loket khusus di Samsat Batam. Serta, bagi masyarakat yang ingin mendapatkan STNK baru yang disertai cap Khusus Batam, harus membayar sebesar Rp 75 ribu sedangkan untuk STNK hanya diberi cap secara gratis.

Oscar, salah seorang warga yang memiliki Mobil asal Singapura mengatakan, saat ini STNK mobil miliknya baru keluar pada 11 meret lalu, dengan adanya kebijakan khusus ini dia terpaksa mendatangi kantor Samsat.

“Tadi antrinya dari jam 8.30 Pagi, siang baru bisa mendapatkan Cap khusus,” ujar pria paroh baya tersebut.

Sementara itu, anggota komisi I DPRD Kota Batam A.A Sony mengatakan, kebijakan untuk registrasi seluruh kendaraan berplat X tersebut tidak mempunyai dasar hukum yang jelas. Untuk BPKB dan Dokumen menurut dia, tidak bisa digantikan terkecuali hilang, rusak atau hal lain yang diputuskan oleh pengadilan.

“Kebijakan ini tidak bisa diterima selain itu, masyarakat juga menjadi resah,” pungkas Sony. (ar/as)

... baca selengkapnya »»

April 01, 2011

Sediakan Makanan Asli Taiwan

Baloi – Untuk mencicipi makanan asli Taiwan, masyarakat Batam tidak perlu jauh-jauh pergi ke Taiwan, kini makanan asli dari Taiwan bisa dinikmati di Shihlin Taiwan Street Snacks yang menyajikan delapan menu makanan ringan seperti XXL Crispy Chicken, Seafood Happy Ricebox, Oyster Meesua dan Mushroom Cheese Egg Crape.

Pemilik Shihlin Taiwan Street Snacks Batam Daniel Tanuwidjaya mengatakan,
dia mencoba menghadirkan menu berbeda dari yang lainnya. Makanan ringan yang ditawarkan juga beragam yang sesuai dengan selera masyarakat Batam.

“kita berikan makanan ringan yang berbeda sembari masyarakat berbelanja bisa menikmati makan disini,” jelas Daniel kepada Erabaru FM, Jumat (1/4).

Menurutnya usaha Franchise yang dikelolanya sudah tersebar di seluruh Indonesia bahkan di negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Untuk makanan yang paling banyak digemari lanjut Daniel adalah XXL Crispy Chicken. Makanan ini terdiri dari 180 gram daging dada ayam segar, yang dipadu dengan berbagai rasa yakni rasa pedas, ekstra pedas tergantung selera masing-masing. Untuk menyantap makanan ini diperlukan tusuk sate.

Ditambahkannya, menu Oyster Meesua juga banyak peminatnya perpaduan dengan rasa yang gurih dengan daging ayam suir. Serta Mushroom Egg Crape dengan perpaduan jamur serta keju ayam sosis.

Anda berminat? bisa datang langsung datang ke BCS Mall Lantai III tepat di depaan Time Zone atau bisa menghubungi telpon 0778 – 7435695. (ar/as)

... baca selengkapnya »»

Tiga Dokter Spesialis Hengkang Dari RSUD

Batam Center – Tiga orang dokter spesialis dari tujuh orang dokter yang bersertifikat di RSUD Embung Fatimah menyatakan akan berhenti bertugas. Pasalnya, insentif tiga orang dokter tersebut tidak diberikan terhitung sejak Januari 2011.

Direktur RSUD Embung Fatimah dr Asmoji mengatakan, pemerintah Kota Batam
seharusnya memperhatikan kesejahteraan para dokter spesialis untuk melaksanakan pelayanan bagi masyarakat.

“Kalau Pemko bersikukuh tidak memberikan insentif dokter spesialis, bisa dijamin akan angkat kaki dari RSUD,” tegas Asmoji, Jumat( 1/4) siang.

Ketua Ketua Komisi IV DPRD Batam Riky Indrakari menilai, Pemko Batam tidak serius mengurusi RSUD Embung Fatimah.

“Pemko dalam hal ini nampak tidak serius, secepatnya kita selesaikan agar permasalahan ini tidak terulang,” ucap Riky.

Riky mengatakan, dia akan memfasilitasi dengan pimpinan dewan agar permasalahan tersebut ditindaklanjuti oleh DPRD Batam.

Sementara asisten Ekonomi dan pembangunan Pemko Batam, Raja Supri mengaku belum menyampaikan hal ini kepada Walikota, namun hanya mengikuti instruksi pimpinan yang mengacu pada peraturan menteri dalam negeri No.59 Tahun 2007 yang dilimpahkan ke daerah untuk mengatur pemberian insentif khusus.

Diapun berharap Pemko Batam segera merealisasikan insentif bagi tiga dokter spesialis tersebut, dengan rincian masing-masing dokter menerima sebesar 20 juta Rupiah.(ar/as)

... baca selengkapnya »»

Kronologi Kasus Radio Erabaru 2005 - 2011

(Indonesia - English)

01 Maret 2005
: Radio Erabaru FM mulai mengudara dan mendapatkan Sertifikat Rekomendasi Kelayakan dari Komisi Penyiaran Indonesia Daerah( KPID) Propinsi Kepulauan Riau pada Frekuensi 106.5 MHz, dan sedang dalam proses untuk mendapatkan IPP (Ijin Penyelenggaraan Pernyiaran)


Segmen pendengar Radio Erabaru adalah pendengar mandarin dengan format umum (musik, hiburan, berita, budaya, komersial, dll), bahasa pengantar Indonesia dan Mandarin, menjangkau area siaran Batam, Bintan, Karimun, Singapore dan Johor;

Berkaitan dengan program berita, diantaranya tentang berita pelanggaran HAM – Hak Asasi Manusia yang terjadi di China misal: kasus pembunuhan dan perampasan organ tubuh praktisi Falun Gong, kerusuhan di Tibet, penganiayaan kaum muslim Uighur, wartawan dll;

20 Juni 2006 : Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kepri menghimbau dengan tegas agar radio Erabaru merealisasikan pengudaraan siaran sehubungan dengan telah diberikannya Sertifikat Rekomendasi Kelayakan.

08 Mei 2007 : Muncul berita di web KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) yang isinya tentang keberatan Kedubes China atas keberadaan Radio Erabaru dan meminta agar KPI memonitor siaran Radio Erabaru karena dinilai menyiarkan propaganda politik yang mendeskreditkan pemerintah China dan menuduh Radio Erabaru dibiayai oleh Falun Gong. Diperoleh surat dari Kedubes China yang ditujukan pada Departemen Luar Negeri Indonesia, Departemen Dalam Negeri, Badan Intelijen Negara, Depkomin dan KPI yang isinya meminta Radio Erabaru ditutup.

23 Mei 2007 : Radio Erabaru bersama LBH-Pers dan AJI-Jakarta berkunjung ke KPI membantah tuduhan Kedubes China dan menilai upaya Kedubes China adalah suatu tindakan arogan dari sistem negara komunis yang berusaha mengintervensi kebebasan pers di Indonesia;

28 Mei 2007 : Radio Erabaru bersama LBH-Pers berkunjung ke Dewan Pers. Dewan Pers dengan tegas menolak Intervensi Asing Terhadap Pers Indonesia;

30 Mei 2007 : Koalisi Peduli Pers dan Penyiaran yang terdiri dari LBH-Pers, Radio Erabaru, AJI-Jkt, GHURE, dan para Jurnalis, mengadakan aksi Menolak Intervensi Asing terhadap Pers Indonesia di depan gerbang Kedubes China;

28 Juni 2007 : Komisi Penyiaran Indonesia Daerah(KPID) mengirim surat kepada Radio Erabaru. Isi surat meminta agar Radio Erabaru melakukan perubahan program siaran berkaitan dengan penggunaan bahasa Mandarin;

18 September 2007 : Setelah kejadian intervensi dari rejim komunis China, kemudian keluar Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) dan Standar Program Siaran (SPS) baru dari Komisi Penyiaran Indonesia(KPI) tentang pengunaan bahasa asing ditentukan maksimal 30 persen.

05 Desember 2007 : KPID melalui harian Batam Pos mengumumkan hasil FRB - Forum Rapat Bersama KPI dengan Depkominfo pada 5 Oktober 2007 bahwa 5 Radio (Sing FM, Big FM, Shela FM, Aljabar FM, Discovery FM) dinyatakan lolos untuk mendapatkan IPP – Ijin Penyelenggaraan Penyiaran, sedangkan Radio Erabaru FM tidak lolos;

07 Desember 2007 : Radio Erabaru meminta surat resmi hasil FRB ke KPID,KPI dan Depkominfo yang menjelaskan tentang alasan penolakan pemberian IPP, namun tidak mendapatkan jawaban resmi yang obyektif dan transparan.

28 Maret 2008 : Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Batam - Depkominfo memberi Surat Peringatan ke-1 kepada Radio Erabaru untuk menghentikan siaran (Off Air);

29 Maret 2008 : KPID Kepri mengirimkan surat kepada Radio Erabaru, menolak memberikan alasan penolakan perizinan radio erabaru dan meminta Radio Erabaru menanyakan langsung kepada Depkominfo.

22 April 2008 : Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers Jakarta sebagai kuasa hukum Radio Erabaru mengirimkan surat ke Depkominfo, KPI, KPID, meminta risalah hasil FRB dan kejelasan alasan penolakan IPP Radio Erabaru;

25 Juli 2008 : Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Batam - Depkominfo memberi Surat Peringatan ke-2 kepada Radio Erabaru untuk menghentikan siaran (Off Air);

31 Juli 2008 : Radio Erabaru berkirim surat ke Dewan Pers dan Komnas HAM yang berisi meminta perlindungan;

18 Agustus 2008 : Radio Erabaru mendapat surat dari Menteri Kominfo isinya menolak permohonan IPP Radio Erabaru (namun tidak mencantumkan alasan penolakan);

16 Oktober 2008 : Komnas HAM berkirim surat ke Menteri Kominfo tentang permintaan penjelasan terkait masalah Radio Erabaru;

21 Oktober 2008 : Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Batam - Depkominfo memberi Surat Peringatan ke-3 (TERAKHIR) kepada Radio Erabaru untuk menghentikan siaran (Off Air);

23 Oktober 2008 : Radio Erabaru mengkuasakan kepada LBH - Pers untuk mengajukan gugatan ke PTUN;

14 April 2009 : Gugatan Radio Erabaru di PTUN dinyatakan kalah, dengan alasan pengunaan bahasa asing yang melebihi 30 persen dan keterbatasan Frekuensi;

24 April 2009 : Radio Erabaru mengajukan upaya hukum banding ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara.

03 Agustus 2009 : Balai Monitoring Spektrum Frekwensi Batam mengirimkan surat penghentian siaran kepada radio Erabaru atas dasar Keputusan Pengadilan Tata Usaha Negara tanggal 14 April 2009 yang memutuskan menolak segala gugatan radio Erabaru.

20 Oktober 2009 : Gugatan banding Radio Erabaru di PT-TUN (Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara) dinyatakan kalah;

11 Nopember 2009 : Radio Erabaru mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung.

16 Desember 2009 : Radio Erabaru mengirimkan surat terbuka kepada Presiden Republik Indonesia.

15 Februari 2010 : Balai Monitoring Sprektrum Frekwensi Batam kembali mengirimkan surat peringatan penghentian siaran kepada radio Erabaru.

22 Februari 2010 : Direktur Radio Erabaru bersama LBH Pers memberi tanggapan atas surat peringatan penghentian siaran tertanggal 15 Februari 2010 dengan mengunjungi Balmon Batam dan Kabag Korwas PPNS Polda Kepri menyampaikan bahwa proses peradilan radio Erabaru hingga saat ini masih belum ada putusan dari Mahkamah Agung oleh sebab itu agar semua pihak taat pada aturan hukum, menghargai proses peradilan serta tidak main hakim sendiri.

22 Februari 2010 : Radio Erabaru mengadakan konferensi pers menanggapi surat peringatan penghentian siaran dari Balmon bahwa tindakan tersebut memperkuat dugaan adanya intervensi dari pemerintah komunis China.

02 Maret 2010 : Radio Erabaru mengadukan kasus radio Erabaru diintervensi oleh rejim komunis China pada AJI Indonesia di Jakarta.

09 Maret 2010 : Balai Monitoring Spektrum Frekwensi Batam mengirimkan surat peringatan penghentian siaran susulan.

10 Maret 2010 : Radio Erabaru mengadu ke Komnas HAM Indonesia, meminta perlindungan atas intervensi pemerintah komunis China terhadap radio Erabaru.

10 Maret 2010 : Radio Erabaru mengadakan konferensi pers di Komnas HAM, secara tegas Komnas HAM Indonesia menyatakan bahwa ini adalah intervensi pemerintah China terhadap Indonesia dan akan mengajukan protes terhadap Kedubes China.

18 Maret 2010 : Radio Erabaru mengadu pada ketua Dewan Pers Indonesia, Bpk. Bagir Manan tentang kasus radio Erabaru diintervensi oleh rejim komunis China.

22 Maret 2010 : Radio Erabaru mengunjungi dan menyampaikan masalah intervensi rejim komunis China terhadap Radio Erabaru pada Human Rights Working Group (HRWG) di Jakarta.

23 Maret 2010 : Dewan Pers mengirim surat pada Menkominfo dan ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) meminta penjelasan dan transparansi tentang alasan Kementerian Kominfo dan KPI menolak permohonan izin Radio Erabaru

24 Maret 2010 : Balai Monitor Spektrum Frekuensi Batam beserta aparat Poltabes Barelang dan Polda Kepri melakukan “pembredelan” / penyitaan paksa, alat exciter (transmiter) Radio Erabaru.

30 Maret 2010 : Radio Erabaru mengudara kembali sebagai protes dan penolakan terhadap intervensi asing dan mempertahankan martabat dan kedaulatan bangsa.

7 April 2010 : Radio Erabaru mengajukan gugatan praperadilan terhadap Kepala Balai Monitor Spektrum Frekuensi Batam, Polda Kepri dan Poltabes Barelang, terhadap penyitaan exiter.

27 April 2010 : Hakim tunggal sidang gugatan praperadilan Pengadilan negeri Batam memutuskan menolak gugatan praperadilan radio Erabaru dengan alasan pengeledahan dan penyitaan tidak termasuk ruang lingkup praperadilan.

05 Mei 2010 : Direktur Utama radio Erabaru dipanggil tim penyidik PPNS Polda Kepri dan dinyatakan sebagai TERSANGKA atas pelanggaran UU Telekomunikasi dengan ancaman pidana 6th.

12 Mei 2010 : Radio Erabaru mengajukan gugatan ISR (Ijin Siaran Radio) di PTUN Jakarta terhadap Direktur Jenderal Pos dan Telekomunikasi RI.

5 Oktober 2010 : Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta memutuskan mengabulkan gugatan Radio Erabaru untuk seluruhnya atas gugatan ISR (Ijin Siaran Radio) di PTUN Jakarta terhadap Direktur Jenderal Pos dan Telekomunikasi RI.

2 Februari 2011 : Kriminalisasi terhadap Direktur Utama Radio Erabaru dengan dilayangkannya surat dari Departemen Komunikasi dan Informatika RI, Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi, Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Batam. Isinya tentang penyerahan tersangka, yakni Direktur Utama Radio Erabaru dan barang bukti ke Jaksa Penuntut Umum.

21 Maret 2011 : Sidang pertama kriminalisasi terhadap Direktur Utama Radio Erabaru di Pengadilan Negeri Batam.


6 September 2011 : Direktur Utama Radio Erabaru divonis 6 bulan kurungan, masa percobaan 1 tahun dan denda Rp. 50 juta,- subsidair 3 bulan kurungan oleh Hakim Pengadilan Negeri Batam.

13 September 2011 : Radio Erabaru dirampas alat siarnya oleh Tim Gabungan yang terdiri dari Balmon, Dirjen Postel, PPNS Polda Kepri, KPID Kepri. Sejak itu Radio Erabaru terhenti siarannya. Frekuensi 106.5 Mhz langsung diisi oleh Radio Sing FM.


(English)


China Embassy in Jakarta intervened Indonesian government to close down the Radio Erabaru 106.5 FM in Batam - Indonesia

The Chronology (2005 – 2011)

March 1, 2005

The Radio Erabaru FM station that runs by PT. Radio Suara Harapan Semesta began to broadcast. In 2004 Radio Erabaru FM obtained the Certificate of Eligibility Recommendations from Regional Indonesian Broadcasting Commission (KPID) Riau Islands Province to broadcast on frequency 106.5 MHz. Now is in the process to get The Broadcasting License (IPP).

The market target of Radio Erabaru FM is the Chinese community around the station. The broadcasting material is in public format such as music, entertainment, news, cultural, commercial, etc. Radio Erabaru FM broadcast in both bahasa Indonesia and Mandarin. Radio Erabaru FM covers the area of Batam, Bintan, Karimun, Singapore and Johor (Malaysia).

The program also covers news about human rights abuses that occurred in China, such as murder and harvesting of Falun Gong practitioners' organs, the unrest in Tibet, Uyghur Muslims persecution, persecution of journalists, and etc.

June 20, 2006

Regional Indonesian Broadcasting Commission (KPID) Riau Islands Province appealed strongly to Radio Erabaru FM to immediately realize the broadcast since Radio Erabaru FM has obtained Certificate of Eligibility Recommendation.

May 8, 2007

News posted on the website of the Indonesian Broadcasting Commission (KPI) on the objection of the Chinese Embassy in Jakarta for the existence of Radio Erabaru FM. They requested the KPI to closely monitoring Radio Erabaru FM since Radio Erabaru FM as assessed broadcast political propaganda that discredits the China Communist Party (CCP). They also accused Radio Erabaru FM financed by Falun Gong. The management of Radio Erabaru FM obtain a copy of a letter that addressed to the Ministry of Foreign Affairs of Indonesia (Departemen Luar Negeri Indonesia), Ministry of Domestic Affairs of Indonesia (Departemen Dalam Negeri Indonesia), Indonesian State Intelligence Agency (Badan Intelijen Negara, BIN), Ministry of Communications and Information Technology of Indonesia (Departemen Komunikasi dan Informatika Indonesia, Depkominfo) and the Indonesian Broadcasting Commission (KPI). The letter asked the Indonesian government to close down Radio Erabaru FM station.

May 23, 2007

The management of Radio Erabaru FM, staff of The Legal Aid Centre for Press (LBH-Pers), and the staff of The Independent Journalist Alliance (AJI-Jakarta) visited Indonesia Broadcasting Commission (KPI) to refute allegations from the Chinese Embassy and assess the efforts the Chinese Embassy is an arrogant act of communist state system that tried to

interfere with press freedom in Indonesia.

May 28, 2007

The management of Radio Erabaru FM and staff of LBH-Pers visited the Indonesia Press Council (Dewan Pers Indonesia) ask for the support. Staff of the Press Council firmly rejects the foreign intervention against Indonesian press.

May 30, 2007
A Coalition for Press and Broadcasting formed by LBH-Pers, Radio Erabaru FM, AJI-Jakarta, Global Human Rights Efforts (GHURE), and journalists, staged a protest against the foreign interference to Indonesian press in the front gate of the China Embassy in Jakarta.

June 28, 2007
Regional Indonesian Broadcasting Commission (KPID) sent a letter to Radio Erabaru FM. The letter requested Radio Erabaru FM to reduce the use of Mandarin.

September18, 2007

As a result of the intervention of the CCP, KPI published The Broadcasting Code of Conduct (P3) and The Broadcasting Program Standards (SPS). The contents of the P3 and P3 are regulating the use of foreign languages ​​and set a maximum of 30 percent.

December 5, 2007
KPID announced through Batam Pos daily the result of Joint Meeting Forum (FRB) between KPI and Depkominfo held on October 5, 2007 had make a decision that Radio Erabaru FM did not get the IPP.

December 7, 2007

The management of Radio Erabaru FM officially requested the minutes of FRB to KPID, KPI and Depkominfo demanding the reasons for the refusal of the IPP, but did not get an official answer to that objective and transparent.

March 28, 2008
Frequency Spectrum Monitoring Agency-Batam (Balmom – Batam, the agency is a part of the Depkominfo) issued warning letters-1 to the Radio Erabaru FM to stop the broadcast (Off Air).

March 29, 2008

KPID Riau Islands Province sent a letter to Radio Erabaru FM who refused to explain the rejection of the IPP and ask for Radio Erabaru FM to obtain direct explanations from Depkominfo.

22 April 2008
LBH-Pers as the legal counsel to Radio Erabaru FM sent a letter to Depkominfo, KPI, KPID, requested the minutes of the FRB and clarity of the reasons for rejection of IPP.

July 25, 2008
Balmon - Batam issued warning letters to-2 to Radio Erabaru FM to stop the broadcast (Off Air).

July 31, 2008

Radio Erabaru FM sent a letter to Dewan Pers Indonesia and the National Human Rights Commission (Komnas HAM) that requested protection.

August 18, 2008
Radio Erabaru FM received a letter from the Minister of Depkominfo of the rejection of the IPP, but did not specify reasons of the rejection

October 16, 2008
Komnas HAM sent a letter to the Minister of Depkominfo to seek clarification of Radio Erabaru FM case.

October 21, 2008

Balmon – Batam issued warning letters to-3 (final letter) to Radio Erabaru FM to stop the broadcast (Off Air).

October 23, 2008
Radio Erabaru FM sued Depkominfo to the Administrative Court (PTUN). As the legal counsel is the LBH - Pers.

14 April 2009
Radio Erabaru FM lawsuit at the Administrative Court declared lost. The jugde said The Radio used foreign languages ​​which it exceeds 30 percent. Another reason is the limitation of the commercial broadcast frequency.

24 April 2009
Radio Erabaru FM appealed to the High Administrative Court (PT-TUN)

August 3, 2009
Base of the Administrative Court decision April 14, 2009, Balmon – Batam sent a letter
to the Radio Erabaru FM to stop the broadcast (Off Air).

October 20, 2009

Radio Erabaru FM appeal in PT-TUN declared lost


11 November 2009
Radio Erabaru FM filed an appeal to the Supreme Court (Mahkamah Agung).

December 16, 2009
Radio Erabaru FM sent an open letter to the President of the Republic of Indonesia.

February 15, 2010

Balmon – Batam sent a warning letter to Radio Erabaru FM to stop the broadcast (Off Air).

February 22, 2010
Director of Radio Erabaru FM and LBH Pers visit Balmon – Batam and Head of Police Internal Affair of Riau Islands Province. He also noted that the Radio Erabaru FM case is still in the process of justice of the Supreme Court so that all parties abide by the rule of law, respect for the judicial process and not vigilante.

February 22, 2010
Radio Erabaru FM held a press conference to respond to warning letters from the Balmon – Batam. Those actions strengthen the government's alleged intervention of communist China regim.

March 2, 2010
The management of the Radio Erabaru FM visited the AJI - Indonesia in Jakarta to ask for the support.

March 9, 2010
Balmon – Batam sent a warning letter of termination of broadcast of Radio Erabaru FM.

March 10, 2010

Radio Erabaru FM ask for the protection to the Komnas HAM.

March 10, 2010
Radio Erabaru FM held a press conference at Komnas HAM office. Komnas HAM explicitly states that this is the China government intervention against Indonesia and will lodge a protest against the Chinese Embassy in Jakarta.

March 18, 2010
The management of the Radio Erabaru FM visited the chairman of Dewan Pers indonesia to ask for the support.

March 22, 2010

The management of the Radio Erabaru FM visit the Human Rights Working Group (HRWG) in Jakarta to ask for the support.

March 23, 2010
Dewan Pers Indonesia sent a letter to the Minister of Depkominfo and chairman of KPI requesting an explanation of the reasons for the refusal of the IPP to Radio Erabaru FM .

March 24, 2010

Balmon - Batam, Barelang city police and the police from the Riau Islands Province force closure Radio Erabaru FM. They seized the radio exciter.

March 30, 2010
Radio Erabaru FM re-broadcast as a protest and rejection of foreign intervention and maintains the dignity and sovereignty of the nation.

7 April 2010
Radio Erabaru FM filed suit pretrial against the chief Balmon - Batam, Balerang city police and police from the Riau Islands Province of forced closure and seizing the radio exciter.

27 April 2010

Batam district court pretrial hearing rejected the claim of Radio Erabaru FM.
Session led by a single judge said that forced closure and seizure the radio exciter does not include scope of pretrial.

May 5, 2010
Riau Islands Province police investigators state the director of the Radio Erabaru FM as a suspect of violations of Telecommunications Law and offense punishable 6 years in prison.

May 12, 2010
Radio Erabaru FM sued the Director General of The Postal and Telecommunications of Republic Indonesia since of diverting of Radio Erabaru’s FM Frequency Permit (ISR) to another radio station.

October 5, 2010

The Administrative Court won a lawsuit of Radio Erabaru FM.

February 2, 2011
Radio Erabaru FM received letters from Depkominfo, Balmon - Batam, and Directorate General of Postal and Telecommunications. The letter contains a request for the radio director and evidence submitted to the prosecutor as a suspect. Criminalization of the director of the Radio Erabaru FM conducted by the state has been begun.

March 21, 2011
The trial against the Director of Radio Erabaru FM in Batam District Court. Agenda of the session was the reading of the indictment. This is the first session to criminalize the director of the Radio Erabaru FM.


... baca selengkapnya »»
UNTUK TAMPILAN TERBAIK GUNAKAN MOZILLA FIREFOX SEBAGAI BROWSER ANDA
Radio Erabaru FM Batam - Xi Wang Zhi Sheng - Sound of Hope
Template by : kendhin x-template.blogspot.com